Skip to main content

Tentang Kaum Intelektual dalam Pandangan Gramsci

  (Artikel diturunkan dari Bandung Bergerak) Nama Antonio Gramsci bukanlah nama yang terlalu asing dalam dunia pemikiran di Indonesia. Pandangannya tentang hegemoni kultural banyak digunakan untuk membaca beraneka pengaruh budaya yang ditanamkan oleh kelas yang lebih berkuasa ( ruling class ) sehingga diterima seolah-olah sebagai norma umum atau bahkan sesuatu yang “kodrati”.  Gramsci menulis sekitar tiga ribu halaman dalam kumpulan esai yang dijuduli Quaderni del carcere atau diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi The Prison Notebooks . Gramsci memang menulis dari balik jeruji penjara. Sejak bulan November 1926 hingga meninggalnya tahun 1937, Gramsci berstatus sebagai tahanan politik akibat dikenal keras mengritik rezim fasisme Musollini. Gramsci, yang lahir tahun 1891 di Sardinia, Itali, meninggal dalam usia 46 tahun di Roma akibat kesehatannya yang terus merosot sejak ditahan.  Dalam The Prison Notebooks tersebut, ada sejumlah problem yang dituliskan oleh Gram...

Sandaran


Setiap hari saya bergaul dengan para pekerja lapak yang sebagian besar diantaranya adalah perempuan. Obrolan yang terjadi bisa seputar omzet, candaan-candaan ringan, hingga curhat masalah pribadi. Masalah pribadinya begitu beragam, mulai dari korban KDRT, perselisihan dengan mantan suami, pacaran beda agama, sampai mengaku selingkuh karena tak cinta lagi pada suaminya.

Persoalan-persoalan pribadi itu sudah tak perlu dibahas. Yang saya amati lebih pada: hampir semua dari mereka punya pasangan, bisa pacar atau suami, padahal usia beberapa dari mereka sangatlah muda. Ada yang masih 24 tahun, 22, bahkan 19 sudah menikah. 

Mungkin fenomena semacam itu wajar saja, tetapi saya coba memandangnya dari sisi yang lain. Mereka seperti ada keharusan untuk selalu punya pasangan. Semacam cara untuk melepaskan diri dari kehidupan orang tua yang kelihatannya sulit (menurut pengakuan mereka) sekaligus sebagai sandaran psikologis atas kerja-kerja yang alienatif sebagai penunggu lapak. 

Pasangan yang dimaksud ini seringkali bukan berasal dari kalangan dengan pekerjaan yang lebih baik untuk menopang ekonomi mereka (jika berpasangan dibayangkan sebagai usaha meningkatkan taraf ekonomi), melainkan sekadar memenuhi kebutuhan akan afeksi, supaya bisa ayang-ayangan, menjadikan hari-harinya tak terlampau membosankan. 

Tentu saja kehidupan berpasangan ini dibayangi oleh harapan akan kehidupan bersama yang lebih baik. Dua pekerja yang saling jatuh cinta, berjuang, bekerja keras, menghadapi kejamnya dunia, bermodalkan rasa percaya satu sama lain. Aspek moral semakin memperkuat ikatan ini: ayangku pekerja keras, dia ikhlas menjalankan hari-harinya yang berat demi masa depan kami. 

Apakah mereka benar-benar mengubah hidupnya (setidaknya secara ekonomi) dikarenakan ayang-ayangan ini, saya tidak menggali lebih jauh. Yang pasti, kalau saya berkaca pada pergaulan dengan akademisi atau pemikir, perempuan-perempuan dari kalangan ini sebagian tak merasa perlu punya pasangan cepat-cepat, apalagi menikah dan punya anak. Sandaran afeksi pasti perlu, tapi tak selalu dengan cara punya pasangan. Kelihatannya kehidupan menyendiri, bagi sebagian orang, tampak lebih simpel dan membebaskan. 

Teman-teman pekerja lapak ini mungkin juga punya pemikiran untuk hidup sendiri dan menikmati kebebasan, tetapi tak semuanya menganggap hal demikian adalah pilihan bebas. Pilihan yang dipandang realistis adalah mempunyai pasangan cepat-cepat sebagai sandaran agar bisa lepas sebagai beban orang tua, menghidupi afeksi dengan nilai sakral bernama cinta, sembari menjadikan agama, atau moralitas, sebagai perekat, membuat relasi menjadi diridhoi, dalam rangka menghadapi beraneka tekanan struktural. 

Teman-teman pekerja lapak itu sebagian adalah lulusan SMP dan hanya sedikit diantaranya adalah lulusan SMA. Rata-rata mereka tak punya minat lagi meneruskan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Saya bisa paham. Bagi sebagian dari mereka, sekolah mungkin bisa mendorong nasib ke arah lebih baik. Tapi terlalu lama, terlalu buang-buang waktu, sedangkan masalah yang dihadapi adalah sekarang, di hadapan.

Dengan upah yang ada, mereka memilih bersyukur, menjalankan hidup yang telah dianugerahkan padanya. Memiliki pasangan membuat mereka tak harus sering-sering menggerutu dengan gaji yang (dalam pandangan saya) tak manusiawi. 

Jiwa emansipatoris saya kadang bergejolak dengan kondisi semacam ini. Tapi siapakah saya sehingga punya otoritas untuk menjadi "pembebas"? Kadang saya ingin menyekolahkan sebagian dari mereka, minimal sampai lulus paket C, tetapi apakah mereka akan nyaman dengan kondisinya kemudian? Bagaimana jika kondisinya saat ini, bagi mereka, sudah membahagiakan? Bukankah justru saya, yang sekolah tinggi-tinggi ini, yang kerap gagal menemukan kebahagiaan?

Kehidupan foodcourt, lagi-lagi, mengacak-acak pikiran saya.

Comments

Popular posts from this blog

Kelas Logika: Kerancuan Berpikir (Informal)

 Dalam keseharian kita, sering didapati sejumlah pernyataan yang seolah-olah benar, padahal rancu dan sesat. Kerancuan dan kesesatan tersebut disebabkan oleh macam-macam faktor, misalnya: penarikan kesimpulan yang terburu-buru, penggunaan kata yang bermakna ganda, penekanan kalimat yang tidak pada tempatnya, pengaruh orang banyak yang menyepakati sebuah pernyataan sebagai benar, dan lain sebagainya.    Dalam ranah ilmu logika, kerancuan dan kesesatan diistilahkan dengan fallacy (jamak: fallacies ). Fallacy ini amat banyak ragamnya, dan di tulisan ini akan disebutkan fallacy yang sifatnya informal. Formal fallacies adalah kerancuan yang dihasilkan dari kesalahan dalam aturan silogisme, penalaran, dan pengambilan keputusan. Sedangkan informal fallacies (atau disebut juga material fallacies ) adalah kerancuan yang dihasilkan dari kekeliruan memahami konsep-konsep yang lebih mendasar seperti terma, definisi, dan pembentukan premis itu sendiri.  1. Kerancuan dal...

Puisi Penjudi

  Sejak SD kutahu berjudi itu dilarang Dari Qur'an sudah jelas judi dibilang haram Orang bijak bilang tiada manusia kaya karena judi Rhoma Irama menegaskan judi merusak pikiran Tapi tidakkah Tuhan jua yang menciptakan ketidakpastian? Tidakkah Tuhan jua yang memaksa kita mengundi? Tidakkah Adam turun ke dunia karena ia main judi? Buah khuldi: jauhi atau makan Ia putuskan yang nomor dua Lantas ia turun ke bumi, melahirkan kita-kita ini Keturunan seorang penjudi Lalu jikalau memang iya tak ada yang kaya karena judi Maka tanyakan pada pemilik motor Tiger itu Yang ia menangkan ketika jadi bandar empat tahun lalu Sekarang motornya sirna, rusak hancur dalam suatu petaka Ia kembali naik angkot seperti nasibnya sebelum pesta sepakbola Para tetua bilang, "Lihat, hasil judi, dari tanah akan kembali ke tanah" Tapi si pemuda mesem-mesem dalam hati Ada keyakinan yang ia pendam dalam-dalam Bahwa setidaknya dalam suatu percik hidupnya Ia pernah naik motor Tiger Pernah merasakan gelegak k...

Honest Review

Istilah " honest review " atau "ulasan jujur/ apa adanya" adalah demikian adanya: ulasan dari seseorang (hampir pasti netizen dalam konteks ini) tentang suatu produk entah itu kuliner, buku/ tulisan, film, dan lain-lain, yang disampaikan secara "jujur". Hal yang umumnya terjadi, "jujur" ini lebih condong pada "kalau jelek bilang jelek" atau semacam "kenyataan pahit". Sebagai contoh, jika saya menganggap sebuah rasa sebuah makanan di restoran A itu buruk, saya akan mengklaim diri saya telah melakukan " honest review " jika kemudian dalam membuat ulasan, benar-benar mengatakan bahwa makanan tersebut rasanya buruk. Mengatakan bahwa sebuah makanan itu enak dan memang benar-benar enak, memang juga semacam " honest review ", tapi biasanya bisa dicurigai sebagai bentuk dukungan, promosi, atau endorsement . Jadi, saat seorang pengulas berani mengatakan bahwa makanan ini "tidak enak", fenomena semacam itu ...