Skip to main content

Tentang Kaum Intelektual dalam Pandangan Gramsci

  (Artikel diturunkan dari Bandung Bergerak) Nama Antonio Gramsci bukanlah nama yang terlalu asing dalam dunia pemikiran di Indonesia. Pandangannya tentang hegemoni kultural banyak digunakan untuk membaca beraneka pengaruh budaya yang ditanamkan oleh kelas yang lebih berkuasa ( ruling class ) sehingga diterima seolah-olah sebagai norma umum atau bahkan sesuatu yang “kodrati”.  Gramsci menulis sekitar tiga ribu halaman dalam kumpulan esai yang dijuduli Quaderni del carcere atau diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi The Prison Notebooks . Gramsci memang menulis dari balik jeruji penjara. Sejak bulan November 1926 hingga meninggalnya tahun 1937, Gramsci berstatus sebagai tahanan politik akibat dikenal keras mengritik rezim fasisme Musollini. Gramsci, yang lahir tahun 1891 di Sardinia, Itali, meninggal dalam usia 46 tahun di Roma akibat kesehatannya yang terus merosot sejak ditahan.  Dalam The Prison Notebooks tersebut, ada sejumlah problem yang dituliskan oleh Gram...

Tentang Badminton

 

Badminton di mana mana
Di kampung jeung di kota
Badminton keur suka suka
Ngalipur manah sungkawa

Dilob, apung-apungan
Dicok, kana net nyangsang
Dismesh, ka beulah kenca
Backhand, tisoledat

Kok na, ku bulu entog
Net na, samping na butut
Raket na, panggebug kasur
Tempat na, tempat na di kebon awi

Tidak banyak cabang olahraga yang dibuat lagunya di Indonesia. Mungkin cuma badminton dan sepakbola. Sepakbola jelas, politis. Betapapun timnas kita tak pernah membanggakan, lagu tentang sepakbola harus dibuat karena jumlah penggemarnya yang ramai. Penggemar badminton di Indonesia juga ramai, tapi rasa-rasanya tak pernah sampai ditonton ratusan ribu orang di stadion dengan pendukung fanatik seperti halnya sepakbola (selain karena gelanggangnya juga tak cukup besar untuk menampung). 

Ingat dalam suatu masa, saat saya masih remaja, Papap bilang bahwa hampir semua orang Indonesia bisa main badminton (terlepas tingkat kemahirannya). Mungkin Papap sedang menyamakannya dengan orang Brasil yang seolah-olah semua orangnya bisa main sepakbola. Mungkin asumsi ini tidak salah-salah amat jika mencermati lagu Mang Koko di atas. Badminton dimainkan di mana-mana: di kampung jeung di kota. 

Namun dugaan tersebut barangkali ada benarnya jika merunut pada dua atau tiga dekade yang lalu, ketika Indonesia menjadi salah satu kekuatan dunia di cabor badminton. Sekarang ini badminton tampaknya sudah kian ramai dimainkan oleh banyak negara, terbukti dari berprestasinya sejumlah negara seperti Inggris, Spanyol, India, Thailand, Hong Kong, yang dulunya dipandang sebelah mata, di luar poros dominan seperti China, Indonesia, Malaysia, atau Denmark. 

Saya melihat bahwa meningkatnya popularitas badminton dimulai dari perubahan sistem poinnya. Sebelumnya, poin hanya akan bertambah dalam posisi pemain memegang servis. Itu sebabnya, pertandingan badminton tak terukur waktunya dan bahkan bisa berlangsung sangat lama jika perpindahan servis terjadi terus menerus tanpa tambahan angka. Sejak tahun 2006, sistem poin berubah menjadi poin reli tanpa harus menunggu pemain memegang servis. Kelihatannya gara-gara perubahan sistem ini, badminton menjadi populer terutama karena durasi permainan yang lebih bersahabat. Dengan sistem semacam itu, sudah jarang kita menyaksikan durasi satu permainan badminton mencapai dua jam. Permainan satu jam setengah, sekarang ini, sudah tergolong lama. 

Kita lihat bagaimana perubahan sistem yang bersahabat terutama bagi stamina penonton dan tayangan televisi ternyata mampu mendorong ramainya persaingan badminton. Hal ini memperlihatkan bahwa olahraga memiliki kaitan erat dengan ekonomi dan juga sosiologi: pertimbangan atas ketahanan audiens dan durasi televisi ternyata mengubah lanskap olahraga itu sendiri. Bayangkan sistem poin masih diberlakukan seperti dulu, mungkin tak banyak orang tertarik nonton badminton. Badminton pun tak laku ditayangkan di televisi.

Di Olimpiade Paris 2024, terlihat bagaimana penonton ramai memadati stadion badminton. Padahal ini di Eropa, tempat yang kurang memiliki tradisi melahirkan para pemain badminton hebat (kecuali Denmark). Selain badminton sebagai contoh bagaimana perubahan sistem dapat menaikkan persaingan, sudah sejak dulu saya mengamati NBA sebagai contoh kompetisi yang komplit secara kualitas pemain dan juga keberlangsungannya secara ekonomi. 

NBA adalah satu dari sedikit negara yang menerapkan dua belas menit per kuarter (selain China dan Filipina, setahu saya). Dengan durasi yang lebih lama dari menit umumnya yang hanya sepuluh, NBA punya waktu lebih lama memainkan time out. Time out ini menjadi jalan masuk bagi iklan-iklan yang membuat NBA menjadi salah satu kompetisi olahraga paling glamor di dunia.

Ada hal yang menjadi kesamaan antara NBA dan badminton dalam hal sistem yang membuatnya menjadi populer: poin yang banyak dan bergantian. Orang sepertinya senang dengan skor yang tinggi karena lebih menggocek emosi. Pertandingan sepakbola yang berujung 1-0 umumnya kalah seru ketimbang partai yang skornya 3-2, misalnya, meskipun selisihnya sama-sama satu angka. Begitupun badminton yang skornya 21-16 tampak lebih menarik ketimbang 15-10. NBA jangan ditanya, sudah lazim kita melihat setiap tim mencetak angka lebih dari 100. Semua perkara ini bukan sekadar bicara tentang kualitas pemain, tetapi juga sistem yang memungkinkannya lebih menarik di mata orang-orang yang menontonnya. 

Comments

Popular posts from this blog

Kelas Logika: Kerancuan Berpikir (Informal)

 Dalam keseharian kita, sering didapati sejumlah pernyataan yang seolah-olah benar, padahal rancu dan sesat. Kerancuan dan kesesatan tersebut disebabkan oleh macam-macam faktor, misalnya: penarikan kesimpulan yang terburu-buru, penggunaan kata yang bermakna ganda, penekanan kalimat yang tidak pada tempatnya, pengaruh orang banyak yang menyepakati sebuah pernyataan sebagai benar, dan lain sebagainya.    Dalam ranah ilmu logika, kerancuan dan kesesatan diistilahkan dengan fallacy (jamak: fallacies ). Fallacy ini amat banyak ragamnya, dan di tulisan ini akan disebutkan fallacy yang sifatnya informal. Formal fallacies adalah kerancuan yang dihasilkan dari kesalahan dalam aturan silogisme, penalaran, dan pengambilan keputusan. Sedangkan informal fallacies (atau disebut juga material fallacies ) adalah kerancuan yang dihasilkan dari kekeliruan memahami konsep-konsep yang lebih mendasar seperti terma, definisi, dan pembentukan premis itu sendiri.  1. Kerancuan dal...

Puisi Penjudi

  Sejak SD kutahu berjudi itu dilarang Dari Qur'an sudah jelas judi dibilang haram Orang bijak bilang tiada manusia kaya karena judi Rhoma Irama menegaskan judi merusak pikiran Tapi tidakkah Tuhan jua yang menciptakan ketidakpastian? Tidakkah Tuhan jua yang memaksa kita mengundi? Tidakkah Adam turun ke dunia karena ia main judi? Buah khuldi: jauhi atau makan Ia putuskan yang nomor dua Lantas ia turun ke bumi, melahirkan kita-kita ini Keturunan seorang penjudi Lalu jikalau memang iya tak ada yang kaya karena judi Maka tanyakan pada pemilik motor Tiger itu Yang ia menangkan ketika jadi bandar empat tahun lalu Sekarang motornya sirna, rusak hancur dalam suatu petaka Ia kembali naik angkot seperti nasibnya sebelum pesta sepakbola Para tetua bilang, "Lihat, hasil judi, dari tanah akan kembali ke tanah" Tapi si pemuda mesem-mesem dalam hati Ada keyakinan yang ia pendam dalam-dalam Bahwa setidaknya dalam suatu percik hidupnya Ia pernah naik motor Tiger Pernah merasakan gelegak k...

Honest Review

Istilah " honest review " atau "ulasan jujur/ apa adanya" adalah demikian adanya: ulasan dari seseorang (hampir pasti netizen dalam konteks ini) tentang suatu produk entah itu kuliner, buku/ tulisan, film, dan lain-lain, yang disampaikan secara "jujur". Hal yang umumnya terjadi, "jujur" ini lebih condong pada "kalau jelek bilang jelek" atau semacam "kenyataan pahit". Sebagai contoh, jika saya menganggap sebuah rasa sebuah makanan di restoran A itu buruk, saya akan mengklaim diri saya telah melakukan " honest review " jika kemudian dalam membuat ulasan, benar-benar mengatakan bahwa makanan tersebut rasanya buruk. Mengatakan bahwa sebuah makanan itu enak dan memang benar-benar enak, memang juga semacam " honest review ", tapi biasanya bisa dicurigai sebagai bentuk dukungan, promosi, atau endorsement . Jadi, saat seorang pengulas berani mengatakan bahwa makanan ini "tidak enak", fenomena semacam itu ...