Skip to main content

Tentang Kaum Intelektual dalam Pandangan Gramsci

  (Artikel diturunkan dari Bandung Bergerak) Nama Antonio Gramsci bukanlah nama yang terlalu asing dalam dunia pemikiran di Indonesia. Pandangannya tentang hegemoni kultural banyak digunakan untuk membaca beraneka pengaruh budaya yang ditanamkan oleh kelas yang lebih berkuasa ( ruling class ) sehingga diterima seolah-olah sebagai norma umum atau bahkan sesuatu yang “kodrati”.  Gramsci menulis sekitar tiga ribu halaman dalam kumpulan esai yang dijuduli Quaderni del carcere atau diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi The Prison Notebooks . Gramsci memang menulis dari balik jeruji penjara. Sejak bulan November 1926 hingga meninggalnya tahun 1937, Gramsci berstatus sebagai tahanan politik akibat dikenal keras mengritik rezim fasisme Musollini. Gramsci, yang lahir tahun 1891 di Sardinia, Itali, meninggal dalam usia 46 tahun di Roma akibat kesehatannya yang terus merosot sejak ditahan.  Dalam The Prison Notebooks tersebut, ada sejumlah problem yang dituliskan oleh Gramsci, salah sat

Musik Nasional dan Musik Nasionalis



1 Desember kemarin, saya diundang oleh seorang kawan, Sophan Ajie, untuk mengisi forum kuliah umum mata kuliah Kewarganegaraan dengan topik musik dan nasionalisme. Menariknya, dalam forum ini juga ada Rocky Gerung dan Ucok Homicide, dua orang yang saya idolakan dari bidang yang berbeda, satu filsafat, satu lagi musik. Boleh dibilang keduanya punya gagasan dan prinsip yang kuat, terutama dalam hal melakukan kritik terhadap kekuasaan. Dalam kesempatan ini, sebagai narasumber yang mendapat giliran bicara pertama, saya merasa perlu untuk menjernihkan konsep-konsep terlebih dahulu sebelum masuk pada pembahasan yang lebih kritis. Supaya enak disambungkan dengan tema musik dan nasionalisme, saya memulai materi dengan memilah antara musik nasional dan musik nasionalis. 

Mengacu pada buku berjudul The Music of European Nationalism: Cultural Identity and Modern History (2004) yang ditulis oleh Philip V. Bohlman, musik nasional adalah musik yang disuling dari musik-musik rakyat sebagai usaha membentuk identitas kultural suatu bangsa. Musik nasional, dalam pengertian ini, lebih bersifat bottom-up atau organik dari bawah ke atas dan bersumber dari penggambaran suatu masyarakat tentang kondisinya masing-masing, untuk kemudian dikompilasi dalam satu kesatuan gagasan bernama "musik nasional". Musik nasional dibuat biasanya atas tujuan pelacakan historis - kultural suatu negara - bangsa. 

Contoh musik nasional ini salah satunya adalah Great American Songbook yang meliputi musik-musik populer dan juga jazz standards di abad ke-20 untuk kemudian diklaim dalam suatu identitas bernama "musik Amerika". Isi dari Great American Songbook ini antara lain adalah Autumn in New York (Vernon Duke), Begin the Beguine (Cole Porter), Blue Moon (Richard Rodgers), Body and Soul (Richard Green), dan banyak lagi. Mengapa Amerika melakukan ini? Tentu karena Amerika "tidak punya budaya". Secara historis, sebagian besar dari orang-orang Amerika berasal dari Eropa yang mencaplok wilayah yang tadinya didiami oleh suku asli. Orang-orang Amerika yang "baru" ini kemudian merasa perlu merumuskan kebudayaan yang berbeda dari Eropa, sehingga dikumpulkan lah musik-musik "tradisi" dalam rangka menggali (atau menciptakan) akar historis supaya bangsa Amerika memiliki fondasi. Sebagai bangsa "baru", wajar kalau musik-musik "tradisi" ini banyak dikumpulkan dari kultur populer (bukan dari musik rakyat atau folk music karena kan suku-suku aslinya sudah disingkirkan [secara fisik maupun secara historis]). 

Apa yang dimaksud sebagai musik nasional di Indonesia mungkin bisa diambil dari beberapa musik yang muncul secara organik dari rakyat seperti Cublak Cublak Suweng, Yamko Rambe Yamko, Bungong Jeumpa, atau Bubuy Bulan, yang semuanya itu muncul dari daerah masing-masing, tetapi kemudian diklaim dalam suatu identitas nasional yakni "musik Indonesia". Perhatikan perbedaan antara musik nasional Indonesia dan musik nasional Amerika. Indonesia punya akar budaya yang lebih panjang sehingga musik nasionalnya benar-benar disuling dari musik-musik rakyat. Sementara Amerika mesti mengambil dari musik-musik industri yang telah diamplifikasi oleh media massa. Perbedaannya ada pada kondisi material yang digambarkannya. Karena murni berasal dari cerita rakyat, musik-musik nasional Indonesia membawa kita pada lanskap masyarakat Indonesia yang riil, sementara "musik Amerika" agak random dengan macam-macam tema, yang sepertinya dimasukkan ke lingkup musik nasional dengan kriteria "selama pernah menjadi musik yang populer di Amerika (dan dunia)". 

Bohlman membedakan musik nasional dan musik nasionalis. Musik nasionalis dapat ditarik akar sejarahnya dari perkembangan negara - bangsa di Eropa pada abad ke-18 dan abad ke-19. Konsep tentang nasionalisme dan patriotisme mulai dimunculkan untuk memenangkan persaingan antar teritori, sehingga perlu dukungan kultural agar, seperti kata Rocky, "Meluaskan perasaan orang-orang dalam suatu teritori yang terbatas". Berbeda dengan musik nasional yang prosesnya berasal dari "bawah ke atas", musik nasionalis, sebaliknya, bersifat top-down atau bermula dari kekuasaan. Berdasarkan tendensinya untuk memperkuat batas teritori, contoh dari musik nasionalis di Indonesia ini adalah Dari Sabang Sampai Merauke. Lagu tersebut menekankan lingkup wilayah negara Indonesia, untuk membedakan dari wilayah lainnya dan juga sekaligus memperingatkan supaya jangan sampai ada gerakan separatis! 

Musik nasionalis tentu tidak semuanya eksplisit membicarakan batas wilayah, tetapi poinnya adalah musik-musik nasionalis punya kepentingan meneguhkan identitas politik dan punya tendensi melayani penguasa. Lagu-lagu seperti Garuda Pancasila, Berkibarlah Benderaku, Maju Tak Gentar, Tanah Airku, adalah lagu-lagu yang berisi penghormatan terhadap lambang negara, usaha mempertahankan wilayah dari penguasaan bangsa lain, serta romantisme akan teritorinya sendiri. Musik-musik nasionalis cenderung tidak organik muncul dari masyarakat, tetapi semacam usaha yang "memaksa" dari pihak penguasa supaya muncul rasa kepemilikan dari rakyatnya sendiri, baik terhadap teritori politik maupun unsur-unsur politis lainnya. 

Baik dalam musik nasional maupun musik nasionalis, meski kadarnya berbeda, tetapi tetap keberadaan lagu-lagu di dalamnya harus atas dasar acc dari kekuasaan. Lagu Genjer-Genjer, Taman Bunga Plantungan, misalnya, adalah lagu-lagu yang bisa masuk kategori musik nasional karena temanya yang menggambarkan situasi material historis dari sebuah bangsa, tetapi masih belum bisa diterima oleh narasi utama karena problem politik. Hal-hal apapun yang berbau "nasional" (termasuk pahlawan nasional, hari-hari nasional) memang memerlukan korban.

Comments

Popular posts from this blog

Kelas Logika: Kerancuan Berpikir (Informal)

 Dalam keseharian kita, sering didapati sejumlah pernyataan yang seolah-olah benar, padahal rancu dan sesat. Kerancuan dan kesesatan tersebut disebabkan oleh macam-macam faktor, misalnya: penarikan kesimpulan yang terburu-buru, penggunaan kata yang bermakna ganda, penekanan kalimat yang tidak pada tempatnya, pengaruh orang banyak yang menyepakati sebuah pernyataan sebagai benar, dan lain sebagainya.    Dalam ranah ilmu logika, kerancuan dan kesesatan diistilahkan dengan fallacy (jamak: fallacies ). Fallacy ini amat banyak ragamnya, dan di tulisan ini akan disebutkan fallacy yang sifatnya informal. Formal fallacies adalah kerancuan yang dihasilkan dari kesalahan dalam aturan silogisme, penalaran, dan pengambilan keputusan. Sedangkan informal fallacies (atau disebut juga material fallacies ) adalah kerancuan yang dihasilkan dari kekeliruan memahami konsep-konsep yang lebih mendasar seperti terma, definisi, dan pembentukan premis itu sendiri.  1. Kerancuan dalam Berbahasa  1

Puisi Penjudi

  Sejak SD kutahu berjudi itu dilarang Dari Qur'an sudah jelas judi dibilang haram Orang bijak bilang tiada manusia kaya karena judi Rhoma Irama menegaskan judi merusak pikiran Tapi tidakkah Tuhan jua yang menciptakan ketidakpastian? Tidakkah Tuhan jua yang memaksa kita mengundi? Tidakkah Adam turun ke dunia karena ia main judi? Buah khuldi: jauhi atau makan Ia putuskan yang nomor dua Lantas ia turun ke bumi, melahirkan kita-kita ini Keturunan seorang penjudi Lalu jikalau memang iya tak ada yang kaya karena judi Maka tanyakan pada pemilik motor Tiger itu Yang ia menangkan ketika jadi bandar empat tahun lalu Sekarang motornya sirna, rusak hancur dalam suatu petaka Ia kembali naik angkot seperti nasibnya sebelum pesta sepakbola Para tetua bilang, "Lihat, hasil judi, dari tanah akan kembali ke tanah" Tapi si pemuda mesem-mesem dalam hati Ada keyakinan yang ia pendam dalam-dalam Bahwa setidaknya dalam suatu percik hidupnya Ia pernah naik motor Tiger Pernah merasakan gelegak k

Gin

GIN Gingin Gumilang pernah menjadi mahasiswa di kelas waktu saya masih mengajar di Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Padjadjaran. Saya lupa tahun berapa itu, mungkin sekitar tahun 2010 atau 2011. Gin, begitu dipanggilnya, duduk di pojokan, orangnya pendiam, tetapi saya tahu di kepalanya menyimpan banyak pemikiran. Suatu hari, saya mengumumkan di kelas bahwa akan ada konser gitar klasik di IFI Bandung dan tentu saja, saya hanya berbasa-basi saja, tidak berharap kalau mereka, yang umumnya kost di Jatinangor, akan datang ke Bandung hanya untuk menonton gitar klasik. Ternyata ada satu orang yang datang ke IFI, ya Gin itulah. Sejak itu saya terkesan. Rupanya wawasannya juga luas. Saya ingat ia tiba-tiba membicarakan Freud di kelas, di tengah mahasiswa-mahasiswa yang yah, duduk di sana hanya berharap bisa lulus saja, tanpa peduli ilmu apa yang didapat. Saya kemudian terpikir, rasanya tepat kalau Gin diajak bergaul lebih luas, keluar dari "sangkar" yang membuat