Skip to main content

Tentang Kaum Intelektual dalam Pandangan Gramsci

  (Artikel diturunkan dari Bandung Bergerak) Nama Antonio Gramsci bukanlah nama yang terlalu asing dalam dunia pemikiran di Indonesia. Pandangannya tentang hegemoni kultural banyak digunakan untuk membaca beraneka pengaruh budaya yang ditanamkan oleh kelas yang lebih berkuasa ( ruling class ) sehingga diterima seolah-olah sebagai norma umum atau bahkan sesuatu yang “kodrati”.  Gramsci menulis sekitar tiga ribu halaman dalam kumpulan esai yang dijuduli Quaderni del carcere atau diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi The Prison Notebooks . Gramsci memang menulis dari balik jeruji penjara. Sejak bulan November 1926 hingga meninggalnya tahun 1937, Gramsci berstatus sebagai tahanan politik akibat dikenal keras mengritik rezim fasisme Musollini. Gramsci, yang lahir tahun 1891 di Sardinia, Itali, meninggal dalam usia 46 tahun di Roma akibat kesehatannya yang terus merosot sejak ditahan.  Dalam The Prison Notebooks tersebut, ada sejumlah problem yang dituliskan oleh Gram...

Jalan Naluri Nan Sunyi Uly Siregar


Saya agak heran saat bisa menamatkan Nyanyi Sunyi (Cantrik Pustaka, 2023) karya Uly Siregar dalam sekali duduk. Cara berceritanya begitu mengalir, pemilihan katanya lincah, dan topik-topiknya menggoda. Jujur, tadinya saya tidak berharap banyak pada tulisan-tulisan berisi kisah pribadi. Dalam bayangan saya, itu kan catatan personal, mungkin berharga untuk si penulis sendiri, tapi mungkin kurang relevan bagi orang lain.

Namun pikiran tersebut terbantahkan oleh perjalanan menulis saya sendiri. Saya menerjemahkan biografi Jacques Derrida (Puruṣa, 2022). Pada teks yang ditulis oleh Benoît Peeters tersebut, apa yang dipikirkan Derrida tidaklah seberapa menjadi titik berat. Hal yang lebih ditekankan adalah pergulatannya dengan masalah mental, perjumpaan pertamanya dengan calon istri di masa depan, Marguerite Aucotourier; kegalauannya saat dipanggil untuk wajib militer, hingga perjalanannya ke Amerika Serikat dengan kapal laut. 

Poin berharga dari sebuah catatan personal justru bukan perkara kehebatan siapapun itu di mata orang-orang, tetapi kenyataan bahwa hidup manusia adalah selalu tentang pertarungan dengan dirinya sendiri. Kita semua punya kehidupan seksual, kisah perseteruan dengan keluarga, dan memori masa kecil yang terus menghantui. Iya, kita hidup bersama kesunyian masing-masing.

Dalam tulisannya, Uly tidak menyembunyikan kenyataan bahwa ia hidup dalam keluarga ber-privilege. Ayahnya adalah pebisnis properti sukses yang sanggup menyekolahkan anak-anaknya (yang berjumlah sepuluh) dengan baik, bahkan hingga ada yang ke luar negeri. Meski terdapat sisipan cerita getir tentang kondisi keluarga yang sempat susah, Uly tidak mengglorifikasi kisah-kisah tersebut seolah-olah ia adalah orang yang “lahir dari keluarga petani miskin”. 

Namun Nyanyi Sunyi bukan juga berisi kisah inspiratif – motivasional. Kisah-kisah inspiratif ditandai dengan kesuksesan sebagai ujung dari “kerja keras”. Sementara dalam tulisan Uly, kesuksesan menjadi titik awal. Apa yang terjadi sesudah kesuksesan, itulah problem yang lebih “mengerikan”. 

Dalam catatan Uly sendiri, kehidupan percintaan bukanlah sesuatu yang sulit. Ia tergolong mudah menggaet laki-laki, termasuk dari kalangan bule. Karirnya sebagai wartawan pun tergolong cemerlang. Saat menikah dengan pria pilihannya, ia pindah ke Arizona, menetap tiga belas tahun, sebelum pindah ke New York pada tahun 2019. Memiliki tiga anak, Uly digambarkan tinggal di “rumah yang asri dengan halaman belakang luas dan kolam renang di pinggiran kota yang menyenangkan”. Sekilas, terlihat seperti kehidupan ideal, idaman banyak orang. 

Namun di sini juga letak kesunyiannya. Kebahagiaan Uly bukan terletak pada pencapaian atas impian banyak orang. Kebahagiaan Uly, kenyataannya, tidak pernah berhenti diperjuangkan. Ia menuliskan suatu periode kehidupannya sebagai “Segala sesuatunya buruk. Hidupku buruk …”, “Aku hanya jenuh dan ingin berfantasi …” atau “Menangis sudah jadi santapan sehari-hari…”. 

Hal inilah yang seharusnya membukakan mata orang-orang yang mudah menghakimi pihak lain dengan “kurang bersyukur”, “kamu masih untung …”, atau “saya lebih parah …”. Tidak peduli kondisi eksternalnya seperti apa, problem eksistensi adalah selalu problem yang tidak mudah untuk masing-masing orang.

Bayangan kita tentang hidup di negeri Paman Sam mungkin terdengar indah jika acuannya adalah film-film Holywood yang menjual impian. Namun Uly seolah mengingatkan kita: terkadang keindahan hidup dalam impian, memang lebih baik tinggal dalam impian.  

Dalam Nyanyi Sunyi, Uly juga tidak menutup-nutupi kehidupan seksualnya yang cukup dinamis. Lahir dari keluarga konservatif, Uly kelihatannya enggan dikekang dalam urusan tubuh. Justru ketubuhannya itulah yang membuatnya mampu menikmati hidup dengan segala risikonya. 

Agaknya terjawab mengapa saya mudah sekali menamatkan buku ini, selain dari gaya bahasanya yang lincah dan mengalir. Nyanyi Sunyi adalah cerita tentang “naluri”, tentang “sensasi”, yang menjadi penuntun Uly dalam menjalani kehidupannya. Uly tidak sedang berkhotbah tentang moral dan akal sehat, justru ia tengah membicarakan apa yang dibenarkan Kahlil Gibran dalam Sang Nabi, bahwa “cinta bisa saja memahkotai dan menyalibmu, membelai ujung-ujung ranting sekaligus menggoyang akar-akarmu hingga tercabut dari bumi”. 

Dengan demikian, tulisan Uly adalah sekaligus ajakan untuk mengikuti insting, yang dalam ceritanya begitu diragukan oleh orang di sekitarnya (“Bagaimana jika hubunganmu gagal?”). Uly tahu bahwa feeling-nya bisa saja keliru. Bisa saja ia hanya termakan cinta buta atau nafsu sesaat. Namun justru di situlah poinnya, bahwa kalaupun jalan naluri ini konsekuensinya buruk, Uly rasa-rasanya akan tetap puas karena telah membiarkan dirinya "bersimbah darah oleh cinta". Hal demikian baginya, mungkin, lebih baik ketimbang membicarakan teori-teori tentang bagaimana berenang, tanpa pernah mencebur ke air.

Comments

Popular posts from this blog

Kelas Logika: Kerancuan Berpikir (Informal)

 Dalam keseharian kita, sering didapati sejumlah pernyataan yang seolah-olah benar, padahal rancu dan sesat. Kerancuan dan kesesatan tersebut disebabkan oleh macam-macam faktor, misalnya: penarikan kesimpulan yang terburu-buru, penggunaan kata yang bermakna ganda, penekanan kalimat yang tidak pada tempatnya, pengaruh orang banyak yang menyepakati sebuah pernyataan sebagai benar, dan lain sebagainya.    Dalam ranah ilmu logika, kerancuan dan kesesatan diistilahkan dengan fallacy (jamak: fallacies ). Fallacy ini amat banyak ragamnya, dan di tulisan ini akan disebutkan fallacy yang sifatnya informal. Formal fallacies adalah kerancuan yang dihasilkan dari kesalahan dalam aturan silogisme, penalaran, dan pengambilan keputusan. Sedangkan informal fallacies (atau disebut juga material fallacies ) adalah kerancuan yang dihasilkan dari kekeliruan memahami konsep-konsep yang lebih mendasar seperti terma, definisi, dan pembentukan premis itu sendiri.  1. Kerancuan dal...

Puisi Penjudi

  Sejak SD kutahu berjudi itu dilarang Dari Qur'an sudah jelas judi dibilang haram Orang bijak bilang tiada manusia kaya karena judi Rhoma Irama menegaskan judi merusak pikiran Tapi tidakkah Tuhan jua yang menciptakan ketidakpastian? Tidakkah Tuhan jua yang memaksa kita mengundi? Tidakkah Adam turun ke dunia karena ia main judi? Buah khuldi: jauhi atau makan Ia putuskan yang nomor dua Lantas ia turun ke bumi, melahirkan kita-kita ini Keturunan seorang penjudi Lalu jikalau memang iya tak ada yang kaya karena judi Maka tanyakan pada pemilik motor Tiger itu Yang ia menangkan ketika jadi bandar empat tahun lalu Sekarang motornya sirna, rusak hancur dalam suatu petaka Ia kembali naik angkot seperti nasibnya sebelum pesta sepakbola Para tetua bilang, "Lihat, hasil judi, dari tanah akan kembali ke tanah" Tapi si pemuda mesem-mesem dalam hati Ada keyakinan yang ia pendam dalam-dalam Bahwa setidaknya dalam suatu percik hidupnya Ia pernah naik motor Tiger Pernah merasakan gelegak k...

Honest Review

Istilah " honest review " atau "ulasan jujur/ apa adanya" adalah demikian adanya: ulasan dari seseorang (hampir pasti netizen dalam konteks ini) tentang suatu produk entah itu kuliner, buku/ tulisan, film, dan lain-lain, yang disampaikan secara "jujur". Hal yang umumnya terjadi, "jujur" ini lebih condong pada "kalau jelek bilang jelek" atau semacam "kenyataan pahit". Sebagai contoh, jika saya menganggap sebuah rasa sebuah makanan di restoran A itu buruk, saya akan mengklaim diri saya telah melakukan " honest review " jika kemudian dalam membuat ulasan, benar-benar mengatakan bahwa makanan tersebut rasanya buruk. Mengatakan bahwa sebuah makanan itu enak dan memang benar-benar enak, memang juga semacam " honest review ", tapi biasanya bisa dicurigai sebagai bentuk dukungan, promosi, atau endorsement . Jadi, saat seorang pengulas berani mengatakan bahwa makanan ini "tidak enak", fenomena semacam itu ...