Skip to main content

Tentang Kaum Intelektual dalam Pandangan Gramsci

  (Artikel diturunkan dari Bandung Bergerak) Nama Antonio Gramsci bukanlah nama yang terlalu asing dalam dunia pemikiran di Indonesia. Pandangannya tentang hegemoni kultural banyak digunakan untuk membaca beraneka pengaruh budaya yang ditanamkan oleh kelas yang lebih berkuasa ( ruling class ) sehingga diterima seolah-olah sebagai norma umum atau bahkan sesuatu yang “kodrati”.  Gramsci menulis sekitar tiga ribu halaman dalam kumpulan esai yang dijuduli Quaderni del carcere atau diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi The Prison Notebooks . Gramsci memang menulis dari balik jeruji penjara. Sejak bulan November 1926 hingga meninggalnya tahun 1937, Gramsci berstatus sebagai tahanan politik akibat dikenal keras mengritik rezim fasisme Musollini. Gramsci, yang lahir tahun 1891 di Sardinia, Itali, meninggal dalam usia 46 tahun di Roma akibat kesehatannya yang terus merosot sejak ditahan.  Dalam The Prison Notebooks tersebut, ada sejumlah problem yang dituliskan oleh Gram...

Pertaruhan


Apakah Heidegger tahu bahwa Nazi nantinya akan melakukan kejahatan kemanusiaan? Apakah Sartre tahu bahwa Uni Soviet ujung-ujungnya akan bubar? Apakah Cioran tahu bahwa gerakan yang ia bela, Garda de Fier, membantai orang-orang Yahudi dalam perebutan kekuasaan? Bukan maksudnya memaklumi langkah-langkah mereka, tapi apakah mereka sudah tahu sejak awal bahwa pilihannya tersebut adalah pilihan historis yang keliru? 

Dosa-dosa mereka akan terus diingat dalam sejarah. Heidegger terbilang "beruntung" karena pemikirannya terlalu canggih sehingga sebagian orang tetap mempelajarinya. Mereka tahu bahwa Heidegger berdosa, tetapi memilih untuk memisahkan pemikirannya dari aktivitas politiknya. Bukan maksud membenarkan Heidegger, tetapi mumpung menjelang tahun politik, kita akan lebih mudah membayangkan hal ini: mungkin kita sedang dihadapkan pada pilihan presiden, caleg, dan partai untuk berkuasa di pemerintahan. Beberapa dari kita tidak cuma memberikan dukungan dari luar, tapi ada juga yang diajak ke dalam. Motifnya tentu beragam, ada yang memang benar-benar bersimpati, haus kekuasaan, atau sedang perlu uang. 

Dalam kondisi demikian, maka pilihan-pilihan politik tidak selalu jernih. Baik Heidegger, Sartre, atau Cioran, di masa saat terlibat gerakan-gerakan itu, sudah dikenal sebagai pemikir dan penulis jempolan. Tentu mereka diajak bicara, diberitahu soal visi misi yang pasti terdengar bagus-bagus, dan dijanjikan iming-iming yang bisa jadi besar. Hal ini tentu menggiurkan, apalagi bagi Cioran, yang pekerjaannya waktu itu cuma penulis (Sartre dan Heidegger mending, sudah jadi dosen). Coba bayangkan: Cioran lahir tahun 1910 dan Garda de Fier aktif antara tahun 1927 sampai tahun 1941. Kalaupun Cioran banyak terlibat di sekitar tahun 1930-an, maka usianya sekitar 20 atau maksimal 30 tahun. Masih tergolong muda. Mungkin ia memilih gerakan tersebut dengan naif dan tanpa pikir panjang (terbukti, Cioran di usia tuanya menyesal pernah bersimpati pada Garda de Fier). 

Sartre kelihatannya juga sukar untuk tahu yang sebenar-benarnya. Di era Perang Dingin, rasanya menjadi pilihan keren untuk menjadi intelektual yang pro Blok Timur. Sartre mencitrakan dirinya sebagai pemikir antikolonialisme dan menuding Amerika sebagai negara yang menuju "pra-fasisme". Begitu bersemangatnya Sartre, sampai-sampai Merleau-Ponty menjulukinya sebagai "ultra-Bolshewik". Sartre wafat tahun 1980 atau satu dekade sebelum Uni Soviet akhirnya bubar. Amerika "menang" Perang Dingin dan wajah dunia tidak pernah lagi ramah terhadap komunisme - sosialisme. Untung Sartre sudah meninggal, sehingga ia tidak perlu menanggung malu akibat pernah begitu aktif menangkal segala kritik bagi Uni Soviet. 

Bayangkan kita sekarang dihadapkan beberapa pilihan, entah itu tim Ganjar, tim Anies, tim Prabowo. Saat berada di luar, mungkin kita mudah untuk bersikap sinis terhadap mereka dan segenap sistem politik. Namun saat mulai dirayu, diberitahu kebaikan-kebaikan dari si capres, caleg, dan sebagainya, apalagi diberitahu jumlah uang yang bisa diperoleh, mungkin kita langsung berpikir: oh, tidak ada salahnya juga ya, mungkin mereka akan membawa perubahan ke arah lebih baik. Saat terlibat dan berada di dalam, mana terpikir bagi kita jika salah satu pemimpin tersebut, ternyata, amit-amit, menyimpan nafsu keji untuk membantai ras tertentu, atau memperkuat angkatan perang supaya bisa menginvasi seluruh Asia. 

Sekali lagi bukan membenarkan Heidegger dan filsuf sejenis lainnya yang ternyata memilih opsi keliru secara historis. Kenyataannya, ada pemikir-pemikir yang waras yang tidak memilih untuk terlibat bersama gerakan-gerakan yang pada akhirnya menjadi blunder kemanusiaan tersebut. Kropotkin misalnya, sudah sejak awal tidak setuju dengan Uni Soviet dan ternyata ia banyak benarnya. Camus akhirnya pisah jalan dengan Sartre salah satunya karena Camus tidak percaya akan Uni Soviet dan ternyata Camus benar. Namun seberapa besar mereka Heidegger dan Sartre punya niat jahat dalam keterlibatan bersama gerakan-gerakan itu, sepertinya perlu diperiksa ulang atau bahkan kita tidak pernah bisa tahu yang sebenar-benarnya. 

Hal yang bisa kita refleksikan adalah hal apa yang kita lakukan jika dihadapkan pada pilihan untuk berpartisipasi pada politik (praktis). Para pemikir, secerdas apapun, juga manusia, yang bisa tergiur dan bahkan tertipu oleh janji-janji manis, apalagi uang besar yang bisa mengatasi kesusahannya dalam menyambung hidup. Filsuf tidak sekadar tentang alam fikirnya yang seolah steril dari kedagingan. Filsuf justru selalu ada dalam pertaruhan, apakah pilihannya dalam hidup akan dikenang atau dicemooh oleh sejarah. Tapi jika ia tidak mengambil langkah apapun, pikiran-pikirannya akan tetap berada di sebuah alam yang tenang, alam yang tanpa pertaruhan, yang tidak teruji oleh zaman.

Comments

Popular posts from this blog

Kelas Logika: Kerancuan Berpikir (Informal)

 Dalam keseharian kita, sering didapati sejumlah pernyataan yang seolah-olah benar, padahal rancu dan sesat. Kerancuan dan kesesatan tersebut disebabkan oleh macam-macam faktor, misalnya: penarikan kesimpulan yang terburu-buru, penggunaan kata yang bermakna ganda, penekanan kalimat yang tidak pada tempatnya, pengaruh orang banyak yang menyepakati sebuah pernyataan sebagai benar, dan lain sebagainya.    Dalam ranah ilmu logika, kerancuan dan kesesatan diistilahkan dengan fallacy (jamak: fallacies ). Fallacy ini amat banyak ragamnya, dan di tulisan ini akan disebutkan fallacy yang sifatnya informal. Formal fallacies adalah kerancuan yang dihasilkan dari kesalahan dalam aturan silogisme, penalaran, dan pengambilan keputusan. Sedangkan informal fallacies (atau disebut juga material fallacies ) adalah kerancuan yang dihasilkan dari kekeliruan memahami konsep-konsep yang lebih mendasar seperti terma, definisi, dan pembentukan premis itu sendiri.  1. Kerancuan dal...

Puisi Penjudi

  Sejak SD kutahu berjudi itu dilarang Dari Qur'an sudah jelas judi dibilang haram Orang bijak bilang tiada manusia kaya karena judi Rhoma Irama menegaskan judi merusak pikiran Tapi tidakkah Tuhan jua yang menciptakan ketidakpastian? Tidakkah Tuhan jua yang memaksa kita mengundi? Tidakkah Adam turun ke dunia karena ia main judi? Buah khuldi: jauhi atau makan Ia putuskan yang nomor dua Lantas ia turun ke bumi, melahirkan kita-kita ini Keturunan seorang penjudi Lalu jikalau memang iya tak ada yang kaya karena judi Maka tanyakan pada pemilik motor Tiger itu Yang ia menangkan ketika jadi bandar empat tahun lalu Sekarang motornya sirna, rusak hancur dalam suatu petaka Ia kembali naik angkot seperti nasibnya sebelum pesta sepakbola Para tetua bilang, "Lihat, hasil judi, dari tanah akan kembali ke tanah" Tapi si pemuda mesem-mesem dalam hati Ada keyakinan yang ia pendam dalam-dalam Bahwa setidaknya dalam suatu percik hidupnya Ia pernah naik motor Tiger Pernah merasakan gelegak k...

Honest Review

Istilah " honest review " atau "ulasan jujur/ apa adanya" adalah demikian adanya: ulasan dari seseorang (hampir pasti netizen dalam konteks ini) tentang suatu produk entah itu kuliner, buku/ tulisan, film, dan lain-lain, yang disampaikan secara "jujur". Hal yang umumnya terjadi, "jujur" ini lebih condong pada "kalau jelek bilang jelek" atau semacam "kenyataan pahit". Sebagai contoh, jika saya menganggap sebuah rasa sebuah makanan di restoran A itu buruk, saya akan mengklaim diri saya telah melakukan " honest review " jika kemudian dalam membuat ulasan, benar-benar mengatakan bahwa makanan tersebut rasanya buruk. Mengatakan bahwa sebuah makanan itu enak dan memang benar-benar enak, memang juga semacam " honest review ", tapi biasanya bisa dicurigai sebagai bentuk dukungan, promosi, atau endorsement . Jadi, saat seorang pengulas berani mengatakan bahwa makanan ini "tidak enak", fenomena semacam itu ...