Skip to main content

Tentang Kaum Intelektual dalam Pandangan Gramsci

  (Artikel diturunkan dari Bandung Bergerak) Nama Antonio Gramsci bukanlah nama yang terlalu asing dalam dunia pemikiran di Indonesia. Pandangannya tentang hegemoni kultural banyak digunakan untuk membaca beraneka pengaruh budaya yang ditanamkan oleh kelas yang lebih berkuasa ( ruling class ) sehingga diterima seolah-olah sebagai norma umum atau bahkan sesuatu yang “kodrati”.  Gramsci menulis sekitar tiga ribu halaman dalam kumpulan esai yang dijuduli Quaderni del carcere atau diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi The Prison Notebooks . Gramsci memang menulis dari balik jeruji penjara. Sejak bulan November 1926 hingga meninggalnya tahun 1937, Gramsci berstatus sebagai tahanan politik akibat dikenal keras mengritik rezim fasisme Musollini. Gramsci, yang lahir tahun 1891 di Sardinia, Itali, meninggal dalam usia 46 tahun di Roma akibat kesehatannya yang terus merosot sejak ditahan.  Dalam The Prison Notebooks tersebut, ada sejumlah problem yang dituliskan oleh Gram...

Tuhan itu Suka-Suka


Jika ada yang sepaham bahwa Nabi dan Rasul adalah satu-satunya penyampai wahyu dari Tuhan, maka saya akan menjadi salah satu orang yang angkat tangan dengan lantang menolak paham itu. Bahkan jika yang masih dengan primitif menganggap cuma para ulama, pendeta, MUI, atau pihak-pihak dari lembaga keagamaan lah yang berhak menyuarakan isi hati Tuhan, maka saya juga akan menolak itu dengan keras.

Dalam perjalanan saya, banyak sekali ditemukan orang yang saya yakini dia adalah penyampai wahyu. Bukan dalam artian penyampai wahyu yang konsisten seperti para nabi. Tapi wahyu yang bisa jadi singkat, hanya sepenggal, atau dia sendiri tidak sadar sedang mewahyukan sesuatu, tapi saya yakini bahwa itulah suara Tuhan. Suara Tuhan yang sekaligus memberitahu bahwa dia suka-suka saja memilih siapa yang menyampaikan wahyunya. Ia tak menunjuk seseorang berdasarkan status ekonomi, kekuasaan, pekerjaan, bahkan tingkat kesalehan. Berikut adalah orang-orang yang memang bukan nabi, tapi bagi saya, ia membawa wahyu. Wahyu yang barangkali tidak langsung dipahami saat itu, tapi lama-lama lumayan paham juga.



Pak Igun Gunawan (Guru Bahasa Sunda SMP): "Manusia itu singkatan dari Mana Nu Sia (Bahasa Sunda: Mana Punyamu?)."

Kang Trisna (Sahabat di KlabKlassik): "Segala sesuatu itu mengarah pada kebaikan."

Mbak Tarlen (Owner Tobucil): "Jika seseorang mampu menyampaikan sesuatu secara sederhana, maka ia sudah berpikir rumit. Sedangkan orang yang menyampaikan sesuatu secara rumit, berarti pikirannya masih sederhana."

Pak Bambang Sugiharto (Dosen Filsafat): "Jangan-jangan realitas itu, adalah hidup itu sendiri."

Bapak saya: "Kebenaran adalah pencarian kebenaran itu sendiri."

Bu Molly (Guru Bahasa Indonesia SMA): "Orang yang kepribadiannya maju, adalah mereka yang setiap malam bisa menertawakan dirinya."

Yampan (Pegawai/asisten di rumah): "Tidak ada orang kaya di dunia."

Ridwan (Guru Gitar): "Saya tidak pernah sedekah, tapi kunci sukses saya adalah tidak pernah secara sengaja mau menyakiti orang."

Dicky (Pianis Hilton): "Rejeki itu adalah yang dimakan."

Pak Sukanda (Guru PPKn SMA): "Dengan menuliskan namamu di kertas ulangan. kau sudah dapat nilai 7."

Sundea (Kawan menulis): "Buat diri sendiri baik, maka segalanya akan menjadi baik."

Kang Tikno (Sahabat di KlabKlassik): "Dahulukan orangtua kita."

Ayah Bilawa: "Tidak ada yang harus di dunia ini."

Bilawa (Sahabat di KlabKlassik): "Kebenaran itu menenangkan."

Dega (Pacar): "Komitmen itu diatas perasaan."

Budi (Pianis Hilton): "Anak-anak itu adalah titipan dan amanah."

Pidi Baiq (Penulis tetralogi Drunken): "Orang yang masih mengukur kemuliaan manusia dari harta dan jabatan, adalah kampungan."

Ibu saya: "Jangan takut miskin jika rajin memberi."

Kak Iin (Sahabat di Pascasarjana): "Orang yang tidak kenal baik dan buruk, maka akan masuk surga. Dan anakku yang autis ini, adalah bukti betapa baiknya Allah itu, karena telah memberiku anak yang Insya Allah pasti masuk surga."




Demikian "hadits" yang telah saya himpun, atau wahyu yang telah saya kitab-sucikan. Sementara sampai situ ingatan saya. Semoga diingatkan lagi kelak, atau bahkan diberi wahyu lagi nanti. Atau diberi kesempatan bertemu orang yang diberi wahyu.

Comments

Popular posts from this blog

Kelas Logika: Kerancuan Berpikir (Informal)

 Dalam keseharian kita, sering didapati sejumlah pernyataan yang seolah-olah benar, padahal rancu dan sesat. Kerancuan dan kesesatan tersebut disebabkan oleh macam-macam faktor, misalnya: penarikan kesimpulan yang terburu-buru, penggunaan kata yang bermakna ganda, penekanan kalimat yang tidak pada tempatnya, pengaruh orang banyak yang menyepakati sebuah pernyataan sebagai benar, dan lain sebagainya.    Dalam ranah ilmu logika, kerancuan dan kesesatan diistilahkan dengan fallacy (jamak: fallacies ). Fallacy ini amat banyak ragamnya, dan di tulisan ini akan disebutkan fallacy yang sifatnya informal. Formal fallacies adalah kerancuan yang dihasilkan dari kesalahan dalam aturan silogisme, penalaran, dan pengambilan keputusan. Sedangkan informal fallacies (atau disebut juga material fallacies ) adalah kerancuan yang dihasilkan dari kekeliruan memahami konsep-konsep yang lebih mendasar seperti terma, definisi, dan pembentukan premis itu sendiri.  1. Kerancuan dal...

Puisi Penjudi

  Sejak SD kutahu berjudi itu dilarang Dari Qur'an sudah jelas judi dibilang haram Orang bijak bilang tiada manusia kaya karena judi Rhoma Irama menegaskan judi merusak pikiran Tapi tidakkah Tuhan jua yang menciptakan ketidakpastian? Tidakkah Tuhan jua yang memaksa kita mengundi? Tidakkah Adam turun ke dunia karena ia main judi? Buah khuldi: jauhi atau makan Ia putuskan yang nomor dua Lantas ia turun ke bumi, melahirkan kita-kita ini Keturunan seorang penjudi Lalu jikalau memang iya tak ada yang kaya karena judi Maka tanyakan pada pemilik motor Tiger itu Yang ia menangkan ketika jadi bandar empat tahun lalu Sekarang motornya sirna, rusak hancur dalam suatu petaka Ia kembali naik angkot seperti nasibnya sebelum pesta sepakbola Para tetua bilang, "Lihat, hasil judi, dari tanah akan kembali ke tanah" Tapi si pemuda mesem-mesem dalam hati Ada keyakinan yang ia pendam dalam-dalam Bahwa setidaknya dalam suatu percik hidupnya Ia pernah naik motor Tiger Pernah merasakan gelegak k...

Honest Review

Istilah " honest review " atau "ulasan jujur/ apa adanya" adalah demikian adanya: ulasan dari seseorang (hampir pasti netizen dalam konteks ini) tentang suatu produk entah itu kuliner, buku/ tulisan, film, dan lain-lain, yang disampaikan secara "jujur". Hal yang umumnya terjadi, "jujur" ini lebih condong pada "kalau jelek bilang jelek" atau semacam "kenyataan pahit". Sebagai contoh, jika saya menganggap sebuah rasa sebuah makanan di restoran A itu buruk, saya akan mengklaim diri saya telah melakukan " honest review " jika kemudian dalam membuat ulasan, benar-benar mengatakan bahwa makanan tersebut rasanya buruk. Mengatakan bahwa sebuah makanan itu enak dan memang benar-benar enak, memang juga semacam " honest review ", tapi biasanya bisa dicurigai sebagai bentuk dukungan, promosi, atau endorsement . Jadi, saat seorang pengulas berani mengatakan bahwa makanan ini "tidak enak", fenomena semacam itu ...